Senin, 22 Agustus 2016

PERDAMAIAN


Pembangunan perdamaian yang sudah dilaksanakan pada workshop internalisasi nilai budaya damai pada komunitas remaja/pemuda telah memberikan hasil yang cukup mengagumkan sehingga secara umum kualitas perdamaian di Madura mulai lebih baik. Namun upaya untuk membangun perdamaian yang sangat baik itu bukanlah hal yang mudah. Hal ini disebabkan mediator perdamaian masih kurang, sehingga ia bisa menghadapi masalah internal yang cukup mendasar dan bersifat kompleks. Akan tetapi berdasarkan kenyataan ini, para mediator damai mempunyai permasalahan pokok yang dihadapi para mediator, yakni para mediator damai itu terdiri dari dua kalangan yaitu SMA dan MAHASISWA, sehingga para mediator damai mengalami kesulitan dalam menentukan waktu untuk mengadakan pertemuan.
Banyak dari warga khususnya di Madura yang belum bisa menikmati indahnya perdamaian karena banyak hal yang mempengaruhinya, diantaranya disuatu desa di Madura terjadi perselingkuhan dan carok. Hal itu disebabkan karena pewarisan tanah yang menurutnya tidak adil.
Masalah semacam itu merupakan masalah yang sering terjadi di kalangan keluarga yang kurang menciptakan perdamaian,dan masalah seperti itu akan selalu timbul apabila salah satu dari keluarga tidak menciptakan perdamaian. Jika perdamaian tidak optimal, maka seseorang sangat sulit untuk menciptakan perdamaian dan yang menjadi pokok permasalahan hanyalah pewarisan tanah. Namun dari komponen-komponen tersebut, para mediator damai akan mencoba untuk memecahkan konflik yang terjadi itu, sehingga hal-hal semacam itu dapat segera terhapuskan dikalangan masyarakat terutama di pulau Madura.
Masalah atau konflik yang terjadi di pulau Madura itu hanya karena tidak sesuainya antara system keluarga dengan keluarga yang lain, baik dalam jangka pendek maupun dalam jangka panjang. Hal itu dapat dilihat dengan ketidak akraban yang berkurang dalam sebuah keluarga. Setiap tahunnya konflik yang terjadi di Madura sudah mulai membaik. Hal itu disebabkan karena keberhasilan pada mediator damai dalam menjalankan amanah yang diberikan kepadanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar